Selasa, 24 Februari 2015

Rangkuman Materi TIK Bab 1-7 Buku Paket Teknologi Informasi Komunikasi Pengarang Singgih Santoso dan Budi Sutedjo D.O

Bab 1
A.Sejarah Internet dan Intranet
   Internet (Interconnected Network) berawal dari impian J.C.R Licklider (1951-1990), seorang psikologi di Massachusetts Insitute of Technology tentang sebuah galactic networks (Jaringan-jaringan antar planet). Ketika Licklider bekerja pada Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon,  ia bertemu dengan Lawrence G.Robert yang mencoba mewujudkan impian tersebut.
   Internet pertama kali dikembangkan dalam penelitian militer Amerika Serikat yang di sebut ARPANet. Proyek ini menghubungkan pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat penelitian  di berbagai universitas di USA untuk menghadapi kemungkinan terjadi serangan nuklir. Jaringan internet dinilai efektif karena memiliki protokol dan sistem jaringan tetap dapat berfungsi.
   Setelah sukses dalam proyek pertamanya,internet terus dikembangkan oleh berbagai pihak. Berikut ini adalah beberapa pengembangan yang dilakukan.
1. Packet Switching .Jaringan inilah yang sekarang kalian kenal dengan nama internet.
2.Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Vinton G.Cerf dan Robert E.Kahn berhasil menyempurnakan packet switching menjadi TCP/IP.
3.Pembuatan sakelar jaringan, dibuat tahun 1970 oleh Bolt,Beranek& Newman (BBN)
4.Pembuatan e-mail. 1971, Roy Tomlinson membuat program e-mail yang kemudian menarik ilmuwan lain untuk mengembangkan internet.
   Selain internet,terdapat pula intranet yang merupakan jaringan komputer dengan jangkauan yang lebih kecil. Intranet ini sebenarnya lahir pada saat yang bersamaan dengan teknologi internet,tetapi perkembangannya memang agak lambat. Teknologi intranet sifatnya lebih independen dan pada awalnya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Hal yang mendorong pengguanaan intranet adalah kebutuhan adanya penyebaran informasi yang lebih baik (diperusahaan).
B.Internet di Indonesia
   Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 oleh Dr.Joseph F.P Luhukay di Universitas Indonesia,.berupa UNINet. Pada tahun yang sama, Luhukay juga mulai mengembangkan Universty Network (UNINet) di lingkunan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan/Depdiknas.
   Pendudk Indonesia sudah menggunakan internet untuk memuaskan rasa keingintahuan dan memperoleh informasi. Pengguna internet di Indonesia hanya 10 persen dari keseluruhan jumlah penduduk. Hal ini menunjukkan bahwa internet masih kurang berkembang di indonesia.
   Beberapa negara sudah membuat aturan yang berkaitan dengan hukum internet (cyberlaw), terutama yang berkaitan dengan keamanan dan pornografi. Indonesia mencoba menerapkan aturan perundang-undangan, yaitu HAKI.
   Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Tanpa adanya HAKI, semua orang bisa dengan mudah men-download file atau program yang diinginkan dari internet.
C.Pengertian Internet dan Intranet
   Internet adalah sistem jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Cara menghubungkan rangkaian komputer untuk internet dinamakan Internetworking.
   Internet di atur oleh perjanjian bilateral dan multiteral yang menerangkan tentang perpindahan data antarjaringan. Begitu juga dengan hal registrasi,ada badan khusus yang mengaturnya, yaitu IETF (Internet Engineeging Task Force) yang terbuka untuk umum.IETF mengeluarkan dokumen yang dikenal sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian RFC di jadikan sebagai standar internet oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board).
   Intranet adalah sistem jaringan yang lebih kecil. Dengan adanya intranet,il informasi berupa berita, sistem pusat informasi yang berdasarkan HTML (Hyper Text Markup Language).
   Tahun 1995, intranet mulai diperkenalkan oleh penjual produk jaringan. Mereka menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi perusahaan, yaitu dalam bentuk web. Di dalam jaringan intranet juga digunakan perangkat lunak internet, protokol TCP/IP, dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), sehingga jaringan intranet memiliki fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP) dan lain lain.
D.Pengaruh Internet bagi Masyarakat
   Perkembangan internet telah memengaruhi banyak hal, diantaranya dalam bidang ilmu pengetahuan dan ekonomi.
   Kita bisa mendapatkan pengetahuan yang mendukung pelajaran lewat internet. Juga kuta dapat memperoleh hiburan misal musik,flim,artis dalam dan luar negri dan lain lain.
    Di bidang ekonomi juga berpengaruh, biasanya kita ingin membeli suatu barang kita harus pergi ke toko sekarang kalian bisa membelinya lewat internet. Transaksi lewat internet dikenal dengan e-commerce.

Bab 2
A. Awal Mula Sistem Jaringan
   Konsep dasar sistem jaringan internet dan intranet di mulai dari Adidas Network. Adidas Network merupakan "jaringan" untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang dilakukan oleh kurir.
B. Jenis Jaringan Komputer
1. Jaringan Komputer Lokal dan Inter-Jaringan
   Jaringan lokal dapat dibentuk untuk menghubungkan komputer yang jumlahnya sedikit. Dengan demikian kalian bisa saling berkomunikasi, bertukar informasi, file, atau menggunakan printer bersama-sama.
   Satu buah komputer pusat pada sebuah jaringan lokal memiliki kemampuan untuk melayani hingga 256 buah terminal. Jaringan lokal tersebut berfungsi sendiri-sendiri, namun tetap dapat dihubungkan satu sama lain.
Dalam sistem jaringan lokal ada dua tipe jaringan.
a. Peer to peer
   Jaringan peer to peer adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer.
b. Client-Server
   Jaringan client-server, dimana terdapat satu buah server yang berfungsi untuk memberi layanan kepada komputer klien yang membutuhkan. Server berfungsi untuk memberikan layanan kepada terminal akses yang membutuhkan.
2. Jaringan Metropolitan
   Jaringan ini menggunakan jalur telepon yang diaediakan perusahaan telekomunikasi.
3. Jaringan Komputer Skala Luas
   Sistem jaringan ini dapat menghubungkan kantor-kantor cabang dengan kantor pusat.

  Kecepatan pergerakkan data atau informasi pada media penghubung dalam jaringan internet di ukur dengan satuan-satuan sebagai berikut.
a. Bit per second (bps), yaitu jumlah bit yang ditransfer dalam waktu satu detik. Bila kecepatan transfer dihitung per karakter dalam satu detik, maka digunakan satuan Byte per second (Bps). Pada umunya satuan kecepatan yang digunakan di dalam internet adalah bps.
b. Kilo bit per second (Kbps) menunjukkan bahwa dalam satu detik dapat dikirim satu kilo bit data.

Bab 3
A. Perangkat Keras Jaringan Intranet
   Jaringan intranet berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer supaya dapat saling bertukar data dan informasi. Berikut ini adalah perangkat keras intranet.
1. Kabel
   Kabel menjadi penghubung utama antarkomputer.
a. Co-axial
   Kabel co-axial adalah kabel yang digunakan di jaringan lokal. Biaya yang dibutuhkan cenderung murah dan tidak memerlukan hub.
b. UTP (Unshielded Twisted Pair)
   UTP yaitu kabel jaringan yang saat ini paling banyak digunakan. Dengan kabel ini pengembangan jumlah klien dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa  harus mematikan server.
c. FDDI (Fiber Data Distributed Interface)
   FDDI atau kabel fiber optic, menggunakan dua ring. Pertama adalah primary ring yang difunakan untuk berkomunikasi data. Kedua adalan secondary ring sebagai media komunikasi cadangan.

2. Kartu Jaringan, yang menetukan kecepatan maksimum transmisi data.
3. Hub, sebagai media antarkoneksi yang jauh.
4. Server, yaitu komputer yang menjadi pusat kegiatan di jaringan.
B. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
1. Dengan Sistem Dial Up
   Koneksi dengan sistem dial up melalui kabel yang terhubung ke modem, kalian dapat mengirimkan data dan informasi.
Untuj mengakses dengan dial up diperlukan komponen berikut.
a. Seperangkat Komputer
b. Modem (modulator demolutor)
c. Public Switched Telephone Network (PSTN)
d. Internet Service Provider (ISP)
2. Dengan Sistem Leased Line
   Untuk mendapat layanan leased line, kalian harus  mendaftarkan diri ke perusahaan telekomunikasi setempat. Kalian harus terhubung ke ISP.
3. Dengan Sistem Nirkabel
4. Dengan Sistem Telepon Seluler
5. Wireless Fidelity (WiFi)dan TV kabel.

Bab 4
A. Model-model Koneksi ke ISP
   ISP merupakan perusahaan penyedia layanan akses internet bagi pengguna. ISP di Indonesia misalnya: Indosatnet,Indonet,Wasantara dan Telkomnet. Untik menghubungkan ke Internet melalui perangkat keras berupa modem, firewall, dan router. Ada juga ISP yang tidak di hubungkan langsung ke Internet yaitu Internet Network Provider (INP). Contoh di Indonesia yaitu Indosat.
B.Koneksi dengan ISP
1. Instalasi modem
2. Penyambungan ke Internet lewat ISP
3. Koneksi ke Internet lewat Telepon Seluler

Bab 5
A. Perangkat Lunak yang di gunakan Akses Internet
   Perangkat lunak yang digunakan adalah web browser. Contohnya Netscape Communicator, Internet Explorer, Mozila Firefox dan Opera.
B. Akses Web melalui URL untuk Memperoleh Informasi
1. Search Engine, merupaksn situs mesin pencari dan pelacak informasu berdasarkan kata kunci tertentu,misal google.com, altavista.com dll.
2. Portal, pintu gerbang untuk melakukan akses terhadap situs-situs di internet.
3. Situs Perusahaan ,merupakan situs yang dibangun oleh perusahaan untuk menyajikan profil,informasi produk atau melakukan transaksi  online.
4. Situd Pemerintahaan,merupakan situs yang dibangun oleh suatu instansi pemerintahaan,misalnya semarang.go.id, dan jogja.go.id.
5. Situs Lembaga, situs yang dibangun oleh lembaga atau komunitas yang bergerak dalam bidang tertentu.
6. Situs Perorangan,situs yang dibangun oleh seseorang yang ingin menginformasikan profil diri atau karya-karyanya.
   Penulisan URL memiliki format yang sederhana, yaitu alamat situs di ikuti nama domain,atau nama diikuti nama domain dan kode negara.
   Untuk memudahkan pencarian informasi, saat ini internet sudah memiliki fasilitas mesin pencari (search engine). Fasilitas ini akan membantu kalian informasi yang dibutuhkan berdasarkan kata kunci,kategori, maupun frasa.

Bab 6
Mengindetifikasi Beberapa Layanan di Internet
   Internet menyediakan sejumlah layanan bagi para pengaksesnya antara lain:
1. E-mail
   Email merupakan jenis layanan internet yang paling populer. Dengan menggunakan email,kalian dapat saling berkirim surat atau berita dengan teman ataupun kerabat.
2. Mailing List
   Dengan layanan ini,kalian bisa berlangganan informasi dari suatu grup diskusi yang kalian inginkan.
3. Internet Relay Chat (Chatting)
   Chatting merupakan sarana yang murah bagi kalian untuk berkomunikasi secara tekstual.
4. Newsgroup
   Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi atau membahas sebuah topik dalam sebuah forum.
5. File Transfer Protocol (FTP)
   FTP fasilitas atau layanan untuk megirim file. Fasilitas memungkinkan kalian untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya melalui internet.
6. Telnet
   Telnet adalah fasilitas layanan yang seolah-olah kita sedang mengendalikan komputer orang lain sedangkan kita sedang berada di tempat yang jauh. Melalui telnet kalian dapat bertukar file dengan teman-teman secara langsung.
7. Bulletin Board Service (BBS)
   Layanan BBS ini merupakan pusat layanan informasi yang menyediakan informasi dari berbagai bidang. Fasilitas ini juga memungkinkan kalian untuk berdiskusi dengan para pengakses lain untuk membicarakan topik tertentu.
8. World Wide Web (WWW)
   WWW merupakan aplikasi internet yang paling diminati pengakses. WWW mencakup sumber daya multimedia. Aplikasi ini akhirnya menjadi semacam sarana menyajikan informasi yang interaktif.
9. Teleconference
   Teleconference adalah layanan yang memunfkinkan pengguna internet dapat berkomunikasi langsung melalui tampilan video.
10. Internet Telephony
   Internet telephony memungkinkan kalian untuk berbicara melalui internet layaknya menggunakan pesawat telepon.
11. Internet Fax
   Layanan ini juga memberikan kemudahan bagi para sekertaris untuk mengirimkan pesan faksimile dalam jumlah yang sangat banyak.

Bab 7
Mengakses Beberapa Situs untuk Memperoleh Informasi yang Bermanfaat
A. Men-download informasi dari internet
   Untuk men-download informasi dari internet yang harus dilakukan adalah mengaktifkan internet dan mengakses sebuah browser. Setelah itu kalian dapat mengakses sebuah mesin pencari untuk membantu kalian menemukan situs-situs yang memuat informasi yang dibutuhkan.
   Kita juga dapat men-download informasi berupa gambar.

              
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar